Film Tentang Trauma Genosida 65 Masuk Kompetisi Festival Film Venesia

1004
0
SHARE

SEKALI LAGI film Indonesia masuk ke kompetisi film internasional. Film pendek “On the Origin of Fear” karya sutradara Bayu Prihantoro Filemon berhasil masuk dalam kompetisi pada program Orizzonti di Venice International Film Festival ke-73 pada 31 Agustus – 10 September 2016 di Venice, Italia.

Film “On the Origin of Fear” adalah debut pertama Bayu sebagai sutradara. Sebelumnya Bayu adalah Sinematografer untuk film “Vakansi yang Janggal dan Penyakit Lainnya”, “Istirahatlah Kata-Kata”, dan “Kisah Cinta yang Asu”.

Amerta Kusuma dan Yulia Evina Bhara selaku produser menuturkan “Film ini berangkat dari sebuah trauma melihat reproduksi kekerasan dalam film yang pada jaman Orde Baru menjadi film yang terus menerus ditayangkan setiap 30 September”.  Amerta Kusuma menambahkan, “Film ‘On the Origin of Fear’ adalah salah satu dari 4 film pendek yang dibuat menandai 50 tahun pasca tragedi ’65 dengan harapan ada ruang-ruang diskusi untuk tidak tabu lagi membicarakan isu ini dan memahami sejarah kelam Indonesia pada masa lalu.”

“On the Origin of Fear” adalah produksi kolaborasi dari KawanKawan Film, Limaenam Films, dan Partisipasi Indonesia. Film berdurasi 12 menit ini akan diputarkan untuk pertama kalinya di festival film tertua di dunia. Sungguh kabar yang membanggakan.

Untuk melihat informasi mengenai film ini, silakan kunjungi: http://www.labiennale.org/en/cinema/73rd-festival/line-up/off-sel/orizzonti/orizzonti.html?nocache=true¤tpage=2

SHARE YOUR COMMENT HERE! - AlineaTV have the right to delete racist and ad hominem comments.
Like the story? Help us to spread AlineaTV to everyone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here