Nantikan Karya Terbaru Teater Garasi: Yang Fana Adalah Waktu

Nantikan Karya Terbaru Teater Garasi: Yang Fana Adalah Waktu

702
0
SHARE

“Yang Fana adalah Waktu. Kita Abadi” adalah karya pertunjukan Teater Garasi/Garasi Performance Institute yang bertolak dari pembacaan dan refleksi atas ihwal “tatanan” dan “berantakan” (order dan disorder).

Pertunjukan yang disutradarai Yudi Ahmad Tajudin ini adalah pengembangan dan penelusuran lebih jauh dari proyek seni kolektif Teater Garasi yang dilakukan sejak tahun 2008, yang menghasilkan pertunjukan Je.ja.l.an dan Tubuh Ketiga, yang mencoba mempelajari bagaimana ledakan “suara” atau “narasi” (ideologis, agama, identitas) di Indonesia pasca 1998 menciptakan dan menyingkap ketegangan serta kekerasan, yang baru maupun yang terpendam.

Pertunjukan ini adalah kunjungan yang riuh pada kenyataan sehari-hari di Indonesia Abad 21. Kekacauan politik di tingkat yang lebih tinggi –- perang global, ketidaksetaraan ekonomi, politik negara, ketegangan karena kepercayaan agama — memenuhi keseharian di Indonesia sebagai suara-suara yang saling beradu, dan narasi-narasi yang bersitegang. Sementara trauma kekerasan sejarah terus menghantui bangsa Indonesia.

Dan kita menari di dalam seluruh keriuhan ini.

*) judul dipinjam dari puisi Sapardi Djoko Damono “Yang Fana adalah Waktu” (1978)

SHARE YOUR COMMENT HERE! - AlineaTV have the right to delete racist and ad hominem comments.
Like the story? Help us to spread AlineaTV to everyone.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY