Kunjungan Menteri Hukum dan HAM Yasonna ke Museum Temporer Rekoleksi Memori

662
0
SHARE

“Kita harus membuka diri, bahwa ada hal-hal yang harus dikoreksi dalam sejarah kita,” demikian ujar Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly saat mengunjungi Museum Temporer Rekoleksi Memori di Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada hari HAM 10 Desember 2015. Ia menyebutkan sejumlah kasus HAM yang belum selesai hingga saat ini, di antaranya Tragedi ’65, Peristiwa Semanggi, Tragedi Trisakti, Peristiwa Tanjung Priok, dan persoalan DOM di Papua. “Semua itu harus menjadi memori yang jadi refleksi anak bangsa,” ujarnya.

Setelah itu, Menteri Yasonna juga membuka diskusi “Refleksi 70 Tahun Perjalanan Penanganan HAM di Indonesia”. Dalam sambutannya, Menteri menyampaikan bahwa ia senang karena anak-anak muda peduli dengan persoalan HAM. “Yang bikin saya gembira, saya lihat adik-adik di sini, membuat Museum Temporer, adik-adik concern HAM,” ujar Menteri. Ia menyadari bahwa dalam 70 tahun perjalanan bangsa, masih banyak persoalan HAM yang masih harus diselesaikan.

Yulia Evina Bhara, Direktur Museum Temporer Rekoleksi Memori, yang menemani Menteri berkeliling melihat karya, mengungkapkan pada saat Menteri melihat foto Tom Iljas pada karya Elisabeth Ida, ia meminta Menteri untuk mencabut cekal terhadap Tom Iljas, seorang eksil yang dideportasi beberapa waktu lalu saat berziarah ke kampung halamannya. Tom Iljas adalah salah satu mahasiswa Indonesia yang dikirim oleh Pemerintahan Soekarno untuk belajar di luar negeri, yang kemudian dicabut paspornya oleh Pemerintahan Soeharto.

Pada 6 November 2015, ia dideportasi karena berziarah ke makam orang tuanya di Sumatera Barat. Menteri pun menjawab bahwa Kementerian Hukum dan HAM saat ini sedang berupaya mencabut cekal Tom Iljas agar dia bisa kembali ke Tanah Air-nya. “Saya sedang mengupayakan untuk mencabut cekalnya,” ujar Menteri seperti dituturkan Yulia.

SHARE YOUR COMMENT HERE! - AlineaTV have the right to delete racist and ad hominem comments.
Like the story? Help us to spread AlineaTV to everyone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here