Bumi Manusia Akan Disutradarai Anggy Umbara

779
0
SHARE

ROMAN karya Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia, akan segera diangkat ke layar lebar. Kisah yang ditulis Pramoedya saat berada di Pulau Buru itu akan difilmkan oleh rumah produksi Falcon Pictures dengan sutradara Anggy Umbara.

“Ada satu film yang akan gue produksi, Bumi Manusia, dari bukunya Pram, kemarin gue sudah dikasih novelnya, sama Falcon Pictures gue disuruh bikin,” kata Anggy Umbara.

Sebelumnya, kabar Bumi Manusia akan diadaptasi ke bentuk film memang sudah terdengar setidaknya sejak 2012. Beberapa nama besar pun sempat dikabarkan akan menggarap film ini, termasuk Riri Riza.

“Sutradaranya sudah fix (pasti) gue, tetapi sebelum film jadi apapun bisa terjadi, mudah-mudahan lancar. Pemeran belum tahu, masih development story. Tahun depan rencana produksi,” lanjut Anggy.

Roman Bumi Manusia akan sangat menarik jika difilmkan, mengingat kisahnya memiliki nilai historis dan kultur yang kuat. Dengan mengambil latar cerita di rentang tahun 1898-1918, Bumi Manusia berhasil menggambarkan bagaimana manusia pribumi diposisikan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Roman Bumi Manusia sempat dilarang peredarannya di masa Orde Baru. Buku ini sudah diedarkan secara internasional dan diterjemahkan ke dalam 33 bahasa.

Pramoedya lahir pada 6 Februari 1925 di Blora, Jawa Tengah dan wafat pada 30 April 2006. Semasa hidupnya, Pramoedya memberikan sumbangsih yang sangat berarti terhadap dunia sastra Indonesia, juga wawasan akan budaya, kehidupan sosial dan politik yang tertuang dalam karya-karyanya.

Sumber: AWP, MetroTV

SHARE YOUR COMMENT HERE! - AlineaTV have the right to delete racist and ad hominem comments.
Share
Like the story? Help us to spread AlineaTV to everyone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here