10 Hal Kecil yang Bisa Anda Lakukan Setiap Hari Agar Lebih Cerdas

644
0
SHARE

Anda mungkin berpikir bahwa kecerdasan adalah sesuatu yang telah ditetapkan sejak masa kecil dan tidak berubah setelah itu. Tetapi penelitian mengatakan, jika Anda berpikiran seperti itu, Anda salah. Bagaimana kita berada di sebuah situasi dan hal-hal yang kita lakukan di situasi tersebut bisa memberi makanan bagi otak kita secara signifikan.

1. Cerdaslah dengan waktu online
Tidak hanya harus diisi dengan mengunjungi media sosial. Membuka web juga bisa menjadi sebuah pembelajaran, seperti kursus online, pembicaraan yang menarik minat, dan permainan menyusun kosa-kata. Ganti semua itu dengan sesuatu yang bisa memberi gizi bagi mental Anda.

2. Tulislah apa yang Anda pelajari
Tidak harus menulis indah dan panjang. Tapi setidaknya tulislah sesuatu yang Anda pelajari setiap hari selama beberapa menit yang bisa meningkatkan kinerja otak Anda. “Tulislah 400 kata setiap hari dari hal-hal yang telah Anda pelajari,” kata seorang guru yoga, Claudia Azula Altucher.

3. Catat hal yang sudah Anda kerjakan
Bagian besar dari kecerdasan adalah kepercayaan diri dan kebahagiaan. Jadi tingkatkanlah keduanya bukan dengan cara menulis hal yang belum Anda kerjakan, melainkan dengan membuat daftar semua hal yang sudah Anda kerjakan. Gagasan ini direkomendasikan oleh VC Marc Andreessen.

4. Bermain scrabbled board
Permainan puzzle dan sejenisnya bukan hanya menyenangkan tapi juga bisa meningkatkan cara kerja otak Anda. Bermainlah tanpa menggunakan bantuan atau petunjuk dari buku.

5. Berteman dengan orang cerdas
Mungkin ini terdengar kasar. Tapi bermain dengan mereka yang cerdas adalah salah satu cara cepat untuk belajar. Saurab Shah, seorang account manager di Symphony Teleca berkata, “IQ Anda adalah IQ rata-rata dari lima orang yang paling dekat dengan Anda.”

6. Banyak membaca
Oke. Ini memang tidak mengejutkan. Tapi ini sesuatu yang umum, jadi meskipun ini tidak mengejutkan Anda, membaca memang merupakan hal yang penting. Mulailah dengan membaca koran setiap hari. Namun, tampaknya semua orang memang akan setuju bahwa kuantitas membaca itu penting.

7. Jelaskan pada yang lain
“Jika Anda tidak bisa menjelaskannya dengan sederhana, maka Anda tidak begitu paham,” kata Albert Einstein. Yakinkan diri bahwa Anda telah mempelajari hal yang telah Anda pelajari, dan informasi itu tinggal di dalam memori Anda dengan cara mencoba mengajarkan hal itu pada orang lain.

8. Lakukan hal baru secara acak
Setelah drop out dari sekolah, Steve Jobs banyak memiliki waktu luang dan ia mengikuti kursus kaligrafi. Tampak tidak relevan pada saat itu. Tetapi kemampuan mendesain yang ia pelajari kemudian tertuang dalam produksi Mac pertamanya. Anda tidak akan pernah tahu hal apa yang berguna bagi Anda saat ini, lakukan saja hal-hal baru. Dan tunggulah hal-hal itu terhubung menjadi titik-titik dalam pengalaman Anda di kemudian hari untuk menjadi sesuatu yang berguna.

9. Pelajari bahasa baru
Anda tidak perlu menjadi cepat fasih dan pergi ke suatu negara untuk mempelajari bahasa asing yang Anda pilih. Belajarlah dari banyak situs gratis yang tersedia.

10. Luangkan waktu
Altuter, seorang meditator, merekomendasikan untuk memberikan ruang untuk otak Anda memproses hal apa saja yang telah dipelajari.

(Sumber tulisan & foto: http://www.businessinsider.com/things-you-can-do-to-get-smarter-2014-7?IR=T&)
(Diterjemahkan Oleh: Anggi Septianto)

SHARE YOUR COMMENT HERE! - AlineaTV have the right to delete racist and ad hominem comments.
Share
Like the story? Help us to spread AlineaTV to everyone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here