UWRF 2014 Siap Hadirkan 150 Penulis dari 25 Negara

444
0
SHARE

UBUD Writers and Readers Festival (UWRF) diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh Janet DeNeefe, sebagai proyek pemulihan pasca tragedi bom Bali pertama. Festival berskala internasional ini mengangkat dan mengangkat tema-tema luar biasa, baik berkaitan dengan permasalahan global maupun gagasan-gagasan besar.

Setiap tahun UWRF diadakan di Pusat Kebudayaan Bali dan dihadiri oleh para penulis dan budayawan dari seluruh dunia. Tahun 2014 adalah tahun ke-11 penyelenggaraan UWRF, yang akan berlangsung tanggal 1-5 Oktober 2014. Dalam festival tahunan ini, digunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

UWRF selalu sukses mengumpulkan para penulis Indonesia dan mancanegara dalam ajang internasional, dan memperluas jumlah pembaca sastra kontemporer yang bisa dinikmati dari berbagai macam genre dan budaya. Para penulis terkemuka, pemikir, seniman, dan penampil seni pertunjukan dari seluruh Indonesia dan penjuru dunia akan bersama-sama hadir selama lima hari penuh.

Lebih dari 150 penulis datang dari 25 negara yang berbeda untuk memeriahkan festival ini. Dari Indonesia, panitia telah mengundang Goenawan Mohamad, Azyumardi Azra, Agung Rai, Debra Yatim, Ahmad Fuadi, dan Ketut Yuliarsa.

UWRF 2014 mengusung tema “Kebijaksanaan dan Ilmu Pengetahuan”. Tema tersebut diusung sebagai sebuah penghormatan untuk Dewi Saraswati, dewi ilmu pengetahuan masyarakat Hindu Bali. Berbagai program yang berkaitan dengan sastra akan dilaksanakan dengan meriah, seperti musik inspiratif, diskusi, workshop, peluncuran buku serta banyak lagi acara lainnya.

Sejumlah buku karya pengarang dan penulis dari berbagai negara akan diluncurkan dalam festival ini, yaitu: Batik Rain And Other Stories (Ashwini Devare), Real Bali And Dances Of Bali (Kartika Dewi Sardana), Nawung, Putri Malu Dari Jawa (Galuh Larasati), Lucky Rice (Tim Brennan), Darwin (Tess Lea), Tiger Stone (Deryn Mansell), Myanmar: Cuisine, Culture, And Customs (Mohana Rosie Gill), The Red Helmet (Deepika Shetty), Green Card (Dani Sirait), Rojak: Stories From The Singapore Writers Group (Singapore Writers Group), Secret Bali (Jill Gocher), Sinhala Only (Manuka Wijesinghe), Bound (Christine Lavender), Indonesia’s Hidden Heritage (David Metcalf Spehanie Brookers), Email Dari Amerika (Janet Steele), UWRF Anthology & Out Of Ubud (Tim), Bali: Heaven And Hell (Phil Jarratt), Crispin Scales And The Golden Pearl (Ruby Blessing), Anthology Of 17 Female Poets Of Eastern Indonesia (Artsforwomen), dan 100 Mak Nyus: Best Street Food Of Indonesia (Bondan Winarno).

(Anggi Septianto/AlineaTV)

SHARE YOUR COMMENT HERE! - AlineaTV have the right to delete racist and ad hominem comments.
Like the story? Help us to spread AlineaTV to everyone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here