5 Cara Membaca Meningkatkan Kesehatan Anda

535
0
SHARE

Para penggila buku tahu, tak ada yang lebih menyenangkan selain merasa terbawa saat membaca sebuah buku yang sangat menarik. Halaman demi halaman tampak seperti nyata karena Anda telah terbawa oleh plot dan pengembangan karakter yang kuat. Seolah-olah, Anda berada di dalam layar dan ikut berpartisipasi dalam hasil akhirnya. Mungkin Anda tidak menyadari, kegiatan ini bukan hanya menyenangkan, tapi juga baik untuk kesehatan! Perhatikan lima manfaat kesehatan yang mengejutkan dari membaca di bawah ini. Dilansir dari the Bookbub Bulletin.

Mengurangi Stress

Ketika Anda terserap dalam sebuah buku bagus, pikiran pun akan terfokus pada plot dan karakternya. Anda akan merasa bahwa kekhawatiran dan tekanan anda menghilang. Ini memang fakta yang sudah terbukti. Penelitian pada 2009 membuktikan membaca dalam waktu enam menit dapat mengurangi stres hingga 68 persen, serta memperlambat denyut jantung dan meminimalkan ketegangan otot. Setelah menjalani hari kerja yang melelahkan, ketimbang menonton televisi, baiknya membuka sebuah buku yang bagus atau menyalakan lilin untuk menciptakan suasana yang santai.

Meningkatkan Memori

Ok, yang satu ini mungkin tidak terlalu mengejutkan. Sama seperti otot, otak Anda menyukai latihan yang baik juga. Membaca secara teratur bisa melatih otak Anda, dan semua bahan yang diperlukan sinapsis benar-benar dapat meningkatkan memori Anda. Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan  orang tua yang membaca secara teratur 2,5 kali lebih kecil kemungkinannya terserang penyakit Alzhaimer.

Membuat Otak Lebih Muda

Tentu saja kita tidak bisa menghentikan proses penuaan (sebanyak yang kita inginkan), tetapi membaca dapat membantu memperlambat proses penuaan tersebut. Sebuah studi menunjukkan bahwa membaca, secara siginifikan dapat mengurangi tingkat penurunan kemampuan kognitif. Jadi, tidurlah dengan sebuah buku yang bagus setiap malam, jika Anda ingin menjaga otak agar tetap muda dan kuat.

Dok.www.thestar.com
(dok. thestar.com)

Meningkatkan Empati

Ternyata membaca buku dapat menjadikan Anda orang yang lebih baik. Rupanya keadaan emosional yang didapat dari membaca buku dapat terbawa ke dalam kehidupan nyata. Studi menemukan orang yang secara teratur membenamkan dirinya dalam cerita-cerita fiksi memiliki rasa empati yang lebih dibanding yang lainnya. Walaupun karakter dalam buku itu tidak nyata, tapi bisa terhubung dengan situasi nyata yang menyebabkan kita lebih terbuka kepada orang-orang dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan Toleransi Dalam Ketidakpastian

Mari kita bicara jujur, kita semua telah berjuang dalam ketidakpastian atau kurangnya kontrol dalam kondisi pribadi di masa lalu. Hal ini bisa menyebabkan stres karena tidak mengetahui apa yang akan di hadapi di masa mendatang. Anehnya, salah satu siasat untuk menangani hal ini adalah dengan membaca lebih banyak buku. Salah satu studi membuktikan membaca dapat meningkatkan toleransi menghadapi ketidakpastian. Orang-orang menyelami lebih dalam dan lebih dalam lagi ke dalam cerita-cerita fiksi dan semua karakter. Pikiran mereka benar-benar akan terbuka. Dan mereka akan menjadi lebih terbuka dengan kemungkinan, pilihan, dan ketidakpastian.

Semua orang tahu, membaca itu menyenangkan. Tapi, manfaat membaca yang diuraikan di atas benar-benar dapat meningkatkan kesehatan dan mutu hidup Anda. Jika Anda sudah banyak membaca buku, itu sangat baik! Dan jika Anda belum mencobanya, cobalah cari waktu luang untuk membaca buku. Satu hal yang harus Anda lakukan adalah… PERBANYAK BUKU-BUKU ANDA! (Diterjemahkan: Anggi Septianto/ Sumber : http://articles.bookbub.com/)

SHARE YOUR COMMENT HERE! - AlineaTV have the right to delete racist and ad hominem comments.
Share
Like the story? Help us to spread AlineaTV to everyone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here