ASEAN Literary Festival 2014 Segera Dimulai

399
0
SHARE

ASEAN Literary Festival, sebuah ajang festival sastra untuk negara-negara ASEAN, akan segera dimulai pada 21-23 Maret 2014. Hal ini terungkap pada konferensi pers yang diadakan di Hongkong Cafe, Jakarta, pada Rabu, 12 Maret 2014. Abdul Khalik selaku founder/director festival sastra ini menuturkan acara ini dapat menjadi wadah bagi penulis serta publik dari beberapa negara ASEAN untuk saling mengenal. Ia juga menekankan bahwa acara ini diperuntukkan untuk masyarakat umum dan gratis.

Damhuri Muhammad selaku steering committe ASEAN Literary Festival mengungkapkan latar belakang sejarah yang sama dari negara-negara di ASEAN sebagai negara-negara jajahan kolonial membuka kemungkinan sastra di Asia Tenggara dipelajari secara khusus karena memiliki kekhasan bila dibandingkan dengan sastra yang ada di negara-negara maju.

Acara Konfrensi Pers ALF

(dari kiri: Tommy F Awuy, Jamil Maidan, Saras Dewi, Okky Madasari, Damar Juniarto, Abdul Khalik, Firdaus Dahlan, Damhuri Muhammad)

Duduk bersama selaku narasumber konferensi pers, Jamil Maidan, Tommy F Awuy, dan Saras Dewi selaku anggota steering committe ASEAN Literary Festival, Firdaus Dahlan dari Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia, Okky Madasari (Programme Director) dan Damar Juniarto (Event Director).

Menurut Okky Madasari, festival yang akan diadakan di Taman Ismail Marzuki ini akan menghadirkan berbagai macam acara seperti pembacaan puisi, pertunjukan seni, bincang-bincang bersama penulis, sastra untuk anak-anak dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Nanti akan ada colosal dance dari Natana Buddhaya UI yang melibatkan sekitar dua puluh penari, sedikit bocoran, tarian yang ditampilkan adalah tarian yang menggambarkan bagaimana sepuluh negara ASEAN, masyarakatnya memiliki latar belakang yang sama lalu bergerak bersama menuju hari esok yang lebih baik.”

Damar Juniarto di akhir konfrensi pers mengungkapkan ekspektasinya. “Harapan kami lima ribu orang tumplek blek di acara ini, jadi tua-muda, anak-anak dan semua boleh datang ke acara ini. Kami mohon bantuan kepada media untuk menyebarluaskan informasi ini, karena sekali lagi ini gratis. Ini kesempatan yang pertama dan luar biasa untuk Indonesia sebagai tuan rumah yang pertama dari acara ASEAN Literary Festival.”

Update acara bisa terus disimak melalui www.aseanliteraryfestival.com

(Anggi Septianto/Redaksi Alinea TV)

SHARE YOUR COMMENT HERE! - AlineaTV have the right to delete racist and ad hominem comments.
Like the story? Help us to spread AlineaTV to everyone.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY